CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Saturday, May 16, 2009

Kunci Format Dokumen

P
ada Microsoft Word 2007 terdapat sebuah fungsi yang memungkinkan anda untuk mengunci pemberian format pada sebuah dokumen. Maksudnya, jika anda mengaktifkan fungsi ini pada dokumen milik anda, siapa pun tidak akan dapat memberikan format - baik itu bold, italic, underline, atau mengubah jenis dan ukuran huruf - jika tidak mengetahui password-nya.

Penguncian formatting ini juga diguna supaya “pembaca” tidak dapat menambahkan style apa pun pada dokumen serta tidak dapat mengubah warnanya. Shortcut keyboard untuk melakukan pemformatan seperti [Ctrl] + [B], [Ctrl] + [I] dan sejenisnya juga turut dinon-aktifkan.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Jalankan Microsoft Word, kemudian buka dokumen yang ingin anda kunci formatnya melalui menu [File] > [Open].
2. Setelah dokumen terbuka, klik [Review] > [Protect Document] > [Restrict Formatting and Editing].
3. Di bahagian kanan tetingkap akan muncul Task Pane Restrict Formatting and Editing. Tandakan checkbox di bahagian [Limit formatting a selection of styles]. Dengan cara ini maka tidak akan ada orang yang dapat mengubah seting format di dokumen anda.
4. Untuk mengaplikasikan perubahan yang telah anda lakukan, klik [Yes, Start Enforcing Protection].
5. Setelah anda klik tombol tersebut, akan muncul sebuah kotak dialog yang akan meminta anda untuk memasukkan password. Password tersebut nantinya dapat digunakan untuk menon-aktifkan kembali penguncian formatting.

Sekarang dokumen anda telah aman dari tangan-tangan jahil yang mengedit format dokumen yang telah anda buat. Untuk mengaktifkan kembali proteksi ini, klik [Review] > [Protect Document] > [Restrict Formatting and Editing] > [Stop Protection] kemudian masukkan password yang sudah anda tentukan tadi.




0 comments: